PENGARUH MUSIK DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Manusia-dan musik, musik manusia, musik sekarang
Music is the manfestation of the human spirit, similar to language. Its greatest practitioners have to mankind things not possible to say in any other languange. If we do not want these things to remain dead treasures, we must do our utmost to make the greatest possible number of people understand their idiom“.
                                                                                                                            Zoltan Kodaly

Lagu-Kumpulirik—–Dalam kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari seni khususnya seni musik. Sejak lama manusia menyadari adanya kekuatan di balik getaran, irama, dan bunyi. Ada keyakinan bahwa musik memiliki kekuatan untuk mempengaruhi jiwa dan mengubah nasib seluruh peradaban manusia. Sepanjang sejarahnya, manusia telah menciptakan musik untuk segala peristiwa besar dalam peradabannya, baik peristiwa khusus yang terjadi pada setiap anggota komunitasnya maupun untuk kepentingan yang lebih luas. 

Musik-musik tertentu telah diciptakan untuk peristiwa penting manusia, misalnya perkawinan (seperti Gendhing Gebo Giro pada perkawinan tradisional masyarakat Jawa, musik Gondang dan Uning-uning pada perkawinan masyarakat Batak), kematian (seperti Requiem pada masyarakat pemeluk agama Nasrani, lagu tangisan pada masyarakat Tapanuli), bahkan ketika seseorang jatuh cinta (seperti lagu pop yang banyak termakan cinta) pun diciptakan musik untuknya. Musik-musik yang lain diciptakan untu keperluan yang lebih besar seperti ketika panen tiba (seperti musik Angklung pada masyarakat Parahiyangan), upacara bersih desa sebagai tanda rasa syukur dan berharap desa mereka tidak kena musibah dengan menggelar musik dan tari Tayub, misalnya, pemohonan turun hujan, pendorong semangat bertempur (seperti lagu-lagu dan tarian-tarian perang pada masyarakat Papua atau Timor-Timor). 
Hingga kini musik tetap mempunyai peranan di setiap bagian dari kehidupan kita, lihat saja bagaimana musik dapat menyatukan rasa solidaritas baik untuk keperluan negara (lagu kebangsaan, “Indonesia Raya”, atau lagi “Dari Sabang sampai Merauke”), politik (lagu mars atau hymne suatu partai, lagu “Keluarga Berencana”, “Wajib Belajar” untuk digubah untuk mempopulerkan program-program pemerintah), maupun untuk keperluan kemanusiaan. Musik pun berperan dalam bidang ekonomi (seperti jingle-jhingle pada produk-produk yang dipasarkan mulai dari produk permen, rokok hingga pemasaran perumahan dan promosi jasa bank). Suatu kekuatan yang dahsyat dari musik, dapat memengaruhi pilihan seseorang terhadap pilihan kebutuhan hidupnya.
Demikian sahabat lagu-kumpulirik, tentang bagaimana pengaruh musik dalam kehidupan manusia, semoga bermanfaat untuk sobat yang lagi nyari2 bahan tentang hubungan musik dan manusia. thanks..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *